Monday 2 April 2012

Manfaat Asam Jawa bagi Kesehatan


Asam Jawa
Obat Herbal : Manfaat Asam Jawa bagi Kesehatan

Asam jawa banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Tak jarang juga dimanfaatkan sebagai bahan minuman yang dapat ditemukan pada penjual jamu.

Asam Jawa (Tamarindus indica) merupakan sebuah kultivar daerah tropis. Buah asam per 100 gram mengandung kalori sebesar 239 kal, protein 2,8 gram, lemak 0,6 gram, hidrat arang 62,5 gram, kalsium 74 miligram, fosfor 113 miligram, zat besi 0,6 miligram, vitamin A 30 SI, vitamin B1 0,34 miligram, dan vitamin C 2 milgram. Kulit bijinya mengandung phlobatannin dan bijinya mengandung albuminoid , serta pati.

Manfaat asam Jawa antara lain untuk menyembuhkan asma, menyembuhkan batuk, demam, reumatik (nyeri sendi), nyeri haid, alergi, sariawan dan menurunkan berat badan.


Berbagai Penyakit yang dapat disembuhkan obat herbal in antara lain :
  • Asma
2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari
  • Sariawan
2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. Semua bahan tersebut direbus hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Hasil rebusan diminum.
  • Reumatik
1 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Cara pemakaian, hasil tumbukan dikompreskan ke bagian yang sakit.
  • Sakit perut
3 polong buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Semua bahan tersebut ditumbuk dan dicampur hingga merata. Hasil tumbukan digosokan ke perut.
  • Luka baru
Daun asam jawa secukupnya dikunyah / dilumat, lalu tempelkan pada luka.
  • Sakit Panas
2 polong buah asam jawa yang telah masak, garam secukupnya. Kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Hasil saringan diminum biasa. Ibu hamil tidak diperkanankan minum minuman ini karena bisa berkaibat fatal bagi kandungan.
  • Batuk Kering
3 polong buah asam jawa, setengah genggam daun saga. Kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Demam
1 genggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus dengan setengah liter air hingga mendidih, kemudian disaring. Hasil saringan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Alergi/Biduran (Jawa)
2-3 golong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, seperempat sendok kapur sirih. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Hasil rebusan 2 kali sehari, pagi dan sore

NB :
Satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah Wanita hamil, terutama yang sedang hamil muda (usia kandungan kurang dari tiga bulan), dilarang meminum ramuan asam jawa karena bisa mengakibatkan keguguran..

No comments:

Post a Comment

komment disini ya..