Tuesday 3 April 2012

Manfaat Buah Duku

 

duku 1 300x178 Sejuta Manfaat Buah Duku
Sejuta Manfaat Buah DukuBuah Duku / Langsat ( Lansium Domesticum Corr) berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Pohonnya diperkirakan asli dari Indonesia. Literatur lain mengatakan duku berasal dari Asia Tenggara bagian barat, dari semenanjung Thailand di sebelah barat sampai Kalimantan di sebelah timur. Kini buah duku hampir tersebar luas diseluruh wilayah Asia dan menjadi salah satu primadona buah tropis. artikel iniakan membahas apasaja manfaat dan kandungan buah duku.
Bagaimana penyebaran buah duku di Indonesia ?
Di Indonesia, sentra buah duku tersebar luas di wilayah Sumatra dan Jawa. Jenis yang banyak dibudidayakan adalah varietas Komering, Metesih, Condet dan Kalikajar. Buah duku dapat tumbuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Tanaman ini termasuk jenis pohon buah musiman yang hanya berbuah setahun sekali.
Selain daging buah duku yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam. Kulit kayunya juga sering digunakan orang untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri. Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat menghambat dan membasmi sel-sel kanker.
Kandungan lain yang bermanfaat adalah dietary fiber atau serat. Salah satu zat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
Kandungan buah duku
Tiap 100 gram buah duku mengandung 1 gram protein, 0.2 gram lemak, 13 gram karbohidrat, 0.7 gram mineral, 18 mg kalsium, 9 mg fosfor, dan 0.9 gram zat besi. Buah duku juga mengadung serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan mencegah kanker kolon.
Apasaja manfaat buah duku ?
  • Buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
  • Selain daging buah duku yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.
  • Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri.
  • Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.
  • beberapa bagian tanaman duku juga bermanfaat sebagai obat tradisional, seperti obat cacing, demam, disentri, malaria, diare, dan bahkan pengusir nyamuk. Biji buah duku yang pahit dapat ditumbuk dan
  • dicampur air untuk mengatasi cacingan dan demam. Kulit kayu duku dapat dimanfaatkan untuk mengatasi disentri dan malaria. Kulit buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare. Selain itu, kulit buahnya juga dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara dikeringkan kemudian dibakar.
Manfaat duku untuk rumah tangga
Duku terutama ditanam untuk buahnya, yang biasa dimakan dalam keadaan segar. Ada pula yang mengawetkannya dalam sirup dan dibotolkan. Kayunya keras, padat, berat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai bahan perkakas dan konstruksi rumah di desa, terutama kayu pisitan.
Solusi terbaik untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit selain buah duku ialah XAMthone Plus ektrak manggis obat herbal tanpa efek samping

No comments:

Post a Comment

komment disini ya..