Tuesday 3 April 2012

Manfaat Buah Melon

Manfaat Buah Melon Khasiat Melon Bagi Kesehatan - Buah melon yang masih segar ini banyak di sukai orang karena memiliki daging buah yang bertekstur yang lunak. Daging buah melon ada yang berwarna putih ada juga yang merah, semua tergantung pada kultivarnya. Selain segar di makan, ternyata buah m memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh manusaia. Mau tahu manfaat dan khasiat buah melon bagi kesehatan badan manusia?


Melon Merah

Buah Melon Merah

Buah Melon

Tanaman Buah Melon

Kandungan Buah Melon Dan Manfaatnya

Buah melon mudah sekali kita temukan. Buah melon tidak hanya segar tapi juga banyak manfaatnya. Terutama untuk kesehatan manusia. Bauh melon memilikikandungan zat gizi yang sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh, baik untuk kulit, untuk mata, untuk saraf, serta ginjal. Buah melon juga berkhasiat untuk menangkal kanker. Pada buah melon Terdapat Kadar vitamin C yang dapat diandalkan sebagai antioksidan dan sangat efektif sekali untuk menangkal radikal bebas. Zat Oksidan atau radikal bebas merupakan adalah zat yang berbahaya yang bisa menyerang sel-sel pada tubuh manusia.

Fungsi vitamin C ini juga erat berkaitan dengan kolagen. Kolagen adalah senyawa protein yang bisa memengaruhi integritas struktur sel pada semua jaringan ikat, contohnya adalah kulit. Adanya kolagen ini bisa mempercepat penyembuhan luka serta punya khasiat menjaga kekencangan kulit.

Untuk jenis buah Melon yang berwarna merah dan oranye terdapat kandungan senyawa karotenoid yang berguna untuk melindungi sel tubuh akibat radikal bebas dan juga bisa diubah menjadi vitamin A. Vitamin A ini sangat penting sekali untuk mempertahankan jaringan ari yang terdapat pada bagian kulit agar tetap sehat. Apabila tersedia cukup kandungan vitamin A, kulit akan menjadi lembut dan lembab. Apabila sering mengkonsumsi buah melon, akan mambuat kulit tidak akan terasa kasar dan kering.

Kandungan karetonoid yang tinggi yang ada dalm buah melon berguna untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh, hal ini sangat penting untuk menurunkan risiko kanker. Kandungan karotenoid bersama vitamin E serta vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan dan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker paru-paru.

Buah Melon juga mengandung banyak vitamin B. Vitamin B1 yang ada dalam buah melon berperan sebagai metabolisme karbohidrat dan berguna untuk menghasilkan tenaga atau energi secara optimal. Vitamin B2 (riboflavin) serta niasin pada buah melon memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit, berkhasiat untuk mata, dan saraf. Sedangkan untuk niasin ini dapat mencegah jika terjadi gangguan pencernaan.

Buah Melon juga kaya akan mineral. Kalsium yang ada pada melon berguna untuk membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah, sementara mineralnya berfungsi menghilangkan keasaman tubuh dan bisa menyembuhkan sembelit. Kadar air yang ada pada buah melon sangat tinggi, sehingga memberi efek yang sangat menyejukkan pada badan. Itulah sebabnya buah melon berkhasiat untuk meredakan panas dalam serta bermanfaat untuk membersihkan ginjal akibat sisa metabolisme.

Kandungan Air yang ada pada buah melon berfungsi sebagai pelarut, sebagai pelumas, untuk pereaksi kimia, memiliki kegunaan dalam membantu mengatur suhu tubuh, juga untuk memelihara bentuk serta susunan pada tubuh. Buah Melon memiliki daya diuretik yang sangat baik sekali, sehingga berkhasiat untuk mencegah penyakit ginjal.

kandungan Serat pada melon memiliki manfaat untuk mencegah terbentuknya senyawa karsinogenik (pemicu kanker), berguna sebagai penurun kolesterol, untuk memperlancar proses buang air besar, uantuk membantu menurunkan berat badan, berkhasiat untuk mengontrol zat gula darah, sehingga sangat bermanfaat sekali untuk mencegah penyakit diabetes.

No comments:

Post a Comment

komment disini ya..